"Orang Indonesia Tidak Butuh Airbag, yang Penting Murah"

Oleh:   Kang Rian Kang Rian   |   3/24/2016 02:13:00 PM
Otomotif - Selain kabin ganda, Esemka ternyata juga telah menyiapkan model baru, berkonsep mobil pedesaan. Berbeda dengan konsep mobil angkutan pedesaan yang selama ini didengungkan Kementerian Perindustrian yang serba terbatas, Esemka punya desain lain.

"Modelnya ada empat, terdiri dari mikrobus, minibus, dan sepasang pikap. Keempat mobil ini sifatnya fleksibel bisa disesuaikan dengan kebutuhan warga pedesaan," kata sumber yang mengetahui rencana ini kepada KompasOtomotif, di Solo, Senin (14/3/2016).

Dari sosok yang dijumpai KompasOtomotif di lapangan, salah satu model mobil pedesaan yang tertangkap pengelihatan berwujud mikrobus. Desainnya mirip Toyota Hi-Ace yang selama ini menyasar ke segmen pasar fleet, terutama perusahaan travel.

"Bodi dan desain hampir sama dengan milik Toyota, tapi kita punya dua ukuran nanti, itu ada mikrobus dan minibus. Mesin juga beda, yang mikro pakai mesin diesel 2.800 cc dan yang kecil (minibus) mesin bensin 1.100 cc," ucap sumber itu lagi.

Sedangkan untuk pikap, tidak dijelaskan seperti apa diferensiasi dimensinya antara keduanya. Tetapi, bakal ada perbedaan kapasitas mesin, yakni 1.100 cc dan 1.800 cc.

Mikrobus

Kembali bahas mikrobus, rencananya bakal diproduksi dalam kapasitas 16 penumpang. Sedangkan untuk minibus, bakal mampu menampung delapan orang dewasa. Model ini bakal menyandang nama Borneo sedangkan untuk minibus, adalah Bima.

Dari bocoran data spesifikasi meyebutkan bahwa mikrobus ini akan dibekali mesin diesel 2.800 cc, menghasilkan tenaga 110 kW dan torsi terbesar 360 Nm pada 2.000 rpm. Sistem transmisi sama dengan Digdaya yang menggunakan lima percepatan manual.

Total dimensi mikrobus ini memiliki panjang 5.490 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm, dan jarak sumbu 3.110 mm. Untuk sistem suspesinya sudah dilengkapi dengan model double wishbone dengan peredam double action hydrolics pada bagian depan, dan variable cross hydrolics pada bagian belakang.

Beberapa fitur kenyamanan, seperti power steering sudah menjadi kelengkapan standar. Urusan keselamatan, tersedia sistem pengereman dengan cakram, ditambah booster, anti-lock braking sistem (ABS), dan serta electronic brakeforce distribution (EBD).

"Kalau untuk interior juga desainnya mirip dengan si Toyota, tapi model Esemka sudah langsung dilengkapi dengan DVD dan GPS di sistem audionya," ucap sumber yang memberikan gambaran mengenai interior kendaraan penumpang Esemka.

Tampilkan Komentar